Minggu, 20 April 2014

GLOBAL WARMING

Diposting oleh Qin Ling Roui di 00.02
GLOBAL WARMING
Akhir - akhir ini sering kita rasakan panas yang teramat sangat menusuk kulit, entah siang hari, maupun malam hari. Tak heran banyak orang yang sering berkata "Duh panas, neraka bocor ya?" Please deh, siapa sih yang tau panasnya neraka? -.- Mungkin eksprei ini mereka tunjukkan saat mereka merasakan bahwa hawa di sekelilingnya menjadi sangat penas. Jika ditanya kenapa terjadi hal seperti itu, pasti deh bakal jawab bahwa Global warming adalah penyeabnya.
Sekarang siapa sih yang tidak pernah mendengar kata Global Warming di era ini ? Banyak orang yang mengerti arti Global Warming yang tanpa disertai action. Banyak orang mengerti bahwa global warming adalah pemanasan wilayah bumi secara global yang ditunjukkan dengan meningkatnya temperatur di bumi. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya global warming, antara lain :

1. EFEK RUMAH KACA
Efek rumah kaca itu bukan efek yang disebakan oleh adanya rumah yang semuanya terbuat dari kaca loh. Contohnya rumah kaca ini seperti rumah yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis tanaman. So, whats make the global warming happend? Sebenarnya yang dimaksud efek rumah kaca yaitu efek pemantulan kembali cahaya matahari ke udara atau bahkan menuju lapisan Ozon. Jadi panas yang dibawa mentari dan dipantulkan menuju ozon, tertahan di sana. Karena panas yang tidak bisa keluar, tentunya radiasi panas tersebut kembali kebumi. Inilah yang dinamakan efek rumah kaca.

2. EFEK UMPAN BALIK
Salah satu penyebab Global Warming adalah adanya efek umpan balik. Contoh terjadinya efek umpan balik ini adalah pada proses penguapan air. Meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi serta lautan akan menyebabkan meningkatnya penguapan air ke atmosfer. Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, uap air sendiri termasuk gas rumah kaca yang memicu terjadinya Global Warming. Ini mengakibatkan pemanasan akan terus menerus berlangsung dan menambah uap air di atmosfer hingga kesetimbangan konsentrasi uap air tercapai.

3. VARIASI MATAHARI
Beberapa Ilmuan berpendapat bahwa variasi dari matahari, yang kemudian diperkuat oleh efek umpan balik dari awan, mampu memberikan kontribusi dalam pemanasan global saat ini. Aktivitas matahari yang meningkat dapat menyebabkan meningkatnya suhu stratosfer (salah satu lapisan di atmosfer). Fenomena variasi matahari serta aktivitas gunung berapi di berbagai belahan bumi ini diperkirakan telah menyebabkan efek pemanasan sejak era pra-industri sampai tahun 1950, serta menimbulkan efek pendinginan sejak th 1950.

4. EFEK PENGGUNAAN FREON
Penggunaan freon yang teramat banyak terutama pada AC dan Lemari Es dapat menyebabkan Global Warming. Hal ini dikarenakan zat yang dikandung oleh freon yang tersebar di udara yang nantinya terbawa angin hingga menuju lapisan ozon, dapat merusak lapisan ozon dengan membuatnya berlubang. Nah kebayang kan kalau ozon sudah berlubang, sinar matahari dapat masuk sebanyak - banyaknya tanpa disaring oleh ozon.

DAMPAK GLOBAL WARMING

1. Mencairnya Es di Kutub
Pemanasan global berdampak langsung pada terus mencairnya es di daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan. Es di Greenland yg telah mencair hampir mencapai 19 juta ton! Volume es di Artik pada musim panas 2007 hanya tinggal setengah dari yg ada 4 tahun sebelumnya! Baru-baru ini sebuah fenomena alam kembali menunjukkan betapa seriusnya kondisi ini. Pada tanggal 6 Maret 2008, sebuah bongkahan es seluas 414 kilometer persegi (hampir 1,5 kali luas kota Surabaya) di Antartika runtuh.

2. Meningkatnya Level Permukaan Laut
Mencairnya es di Kutub Utara dan Kutub Selatan berdampak langsung pada naiknya level permukaan air laut. Para ahli memperkirakan apabila seluruh Greenland mencair, level permukaan laut akan naik sampai dengan 7 meter! Cukup untuk menenggelamkan seluruh pantai, pelabuhan, dan dataran rendah di seluruh dunia.

3. Perubahan Iklim yg Makin Ekstrim
Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat yg lain. Topan dan badai tropis baru akan bermunculan dengan kecenderungan makin lama makin kuat. Kamu tentu menyadari betapa panasnya suhu di sekitar kamu belakangan ini. Kamu juga dapat melihat betapa tidak dapat diprediksinya kedatangan musim hujan ataupun kemarau yg mengakibatkan kerugian bagi petani karena musim tanam yg seharusnya dilakukan pada musim kemarau ternyata malah hujan. Kamu juga dapat mencermati kasus-kasus badai ekstrim yg belum pernah melanda wilayahwilayah tertentu di Indonesia. Tahun-tahun belakangan ini kita makin sering dilanda badai-badai.

4. Gelombang Panas yg Makin Meningkat
Pemanasan global mengakibatkan gelombang panas menjadi makin sering terjadi dan makin kuat. Gelombang panas ini juga menyebabkan kekeringan parah dan kegagalan panen merata.

5. Habisnya Gletser sebagai Sumber Air Bersih
Mencairnya gletser-gletser dunia mengancam ketersediaan air bersih dan pada jangka panjang akan turut menyumbang peningkatan level air laut dunia. Gletsergletser dunia saat ini mencair hingga titik yg mengkhawatirkan! NASA mencatat bahwa sejak tahun 1960 hingga 2005 saja, jumlah gletser-gletser di berbagai belahan dunia yg hilang tidak kurang dari 8.000 m3! Para ilmuwan NASA kini telah menyadari bahwa cairnya gletser, cairnya es di kedua kutub bumi, meningkatnya temperature bumi secara global, hingga meningkatnya level air laut merupakan bukti-bukti bahwa planet bumi sedang terus memanas. Dan dipastikan bahwa umat manusialah yg bertanggung jawab untuk hal ini.


CARA MENGATASI GLOBAL WARMING
1. Jangan menebang pohon sembarangan
2. Kurangi menggunakan kendaraan pribadi
3. Beralih pada kendaraan berbahan bakar alami dan ramah lingkungan.
4. Mematikan lampu di siang hari
5. Menggunakan lampu hemat energi
6. Melakukan Reboisasi
7. Tanmalah pohon di pekarangan rumah
8. Membangun rumah dengan fentilasi yang cukup
9. Kurangi penggunaan freon
10. Lengkapi filter asap yang lengkap pada setiap tempat

Global Warming tidak terjadi secara tiba - tiba, tetapi melalui proses yang panjang dan memakan waktu lama. Marilah kita kurangi efek globalisasi untuk meremajakan BUMI kita yang tercinta ini !

Silahkan kunjungi kami di :
Yuk mengenal HMPSPB Lumba - lumba lebih dekat yuk dengan klik link di bawah ini yaa :)

HMPSPB Lumba - lumba

Yuk lihat informasi tentang FKIP dengan klik link di bawah ini yaa :)

FKIP Universitas Jember

Untuk lebih lengkapnya, klik link di bawah ini ya :)

Universitas Jember

0 komentar on "GLOBAL WARMING "

Posting Komentar

 

Lin's WORLD Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez